8 Alasan Penting Mengapa Anda Perlu Berinvestasi Properti

Image Source: www.google.com


Siapapun dapat berinvestasi. Ya, Anda bisa berinvestasi dan mendapatkan keuntungan darinya. Salah satu investasi yang menguntungkan adalah investasi di bidang properti. Berikut 8 alasan penting yang ingin berinvestasi properti, tetapi masih ragu untuk melakukannya!

Tanah Memiliki Jumlah yang Tetap


"They are not making anymore land"

Mark Twain

Dalam bahasa sederhananya, tidak ada tanah baru yang diciptakan. Bumi memiliki luas  148.940.540 kilometer persegi, sedangkan penduduk terus bertambah seiring dengan berjalannya waktu. Oleh sebab itu, jika Anda berinvestasi tanah sejak jauh-jauh hari dan dikemudian hari permintaan meningkat, maka harga tanah pun akan semakin mahal mengikuti permintaan.

Investor Memegang Kontrol Penuh

Jika dalam dunia investasi emas seringkali dikontrol oleh pasar, maka berbeda dengan investor properti. Orang yang berinvestasi di dunia properti sangat mungkin untuk memegang kontrol. Contohnya, yaitu menaikkan harga sewa, melakukan renovasi untuk meningkatkan harga jual, mendepresiasikan harga bangunan, melakukan penilaian ulang dan lain sebagainya. Banyak, bukan?

Daya ungkit Investasi Properti Sangat Tinggi

Investor tradisional properti dapat membeli sebuah rumah dengan hanya menyiapkan dana 20%-30% sebagai harga DP. Sedangkan investor cerdas dalam properti sangat mungkin mendapatkan propertinya dengan mengeluarkan dana lebih kecil dari 20%. Seorang investor yang cerdas akan terus mempelajari hal hal yang bisa membuatnya mendapatkan harga rumah yang lebih murah, sehingga memungkinkan untuk mendapatkan untung sebesar-besarnya.


Memiliki Asset yang Dapat Ditingkatkan dengan Modal Minimum

Salah satu cara untuk meningkatkan harga rumah adalah dengan melakukan renovasi yang sifatnya struktural. Contoh, dijadikan lantai 2, diperbesar halaman, ditambahkan kolan, dan lain sebagainya. Atau renovasi sederhananya adalah dengan melakukan makeup pada cat dinding, cat pintu gerbang, dll.


Mendapatkan Keuntungan Capital Gain dan Cash Flow

Saat memilih untuk berinvestasi properti, investor akan mendapatkan kenaikan modal (capital gain) dan keuntungan dari arus kas (cash flow) secara bersamaan. Capital gain akan didapat jika investor menjual properti tersebut atau melakukan penilaian uang atas properti. Sedangkan cash flow akan didapat dari pemasukann tahunan kontrak rumah atau pendapatan lainnya yang berasal dari properti yang telah ia beli tersebut.


Tidak Menyita Waktu

Jika investor bangunan pusing tentang rumah kos atau rumah sewaan, maka berbeda dengan investor properti. Mereka bisa langsung mempekerjakan orang lain atau yang biasa dikenal dengan property manager/facility manager yang mampu menyelesaikan permasalahan-permasalahan tersebut.


Bank Senang dengan Para Investor Properti

Jika dibandingkan dengan investasi di bidang lain, invetasi di bidang properti memiliki asumsi resiko lebih rendah, lho! Bank sangat suka dengan fix asset terlebih dalam wujud bangunan (contoh: rumah, ruko, rukan, rumah kos) dan tanah. Jadi, Anda juga pasti akan untung, bukan?


Investor Properti Berpotensi Kaya

Tahu Ray Kroc? Beliau ini adalah konglomerat pendiri McDonalds. Meski dia telah kaya, dia juga berinvestasi di dunia properti untuk mendapatkan untung yang lebih. Anda mau menjadi seperti Ray Kroc, kan?