PT Dafam Property Indonesia Tbk menyalurkan CSR dalam Memperingati Hari TBC Sedunia

Indonesia termasuk delapan negara yang menyumbang 2/3kasus TBC di seluruh dunia, Indonesia menempati posisi kedua setelah India dengan kasus sebanyak 845.000 dengan kematian sebanyak 98.000 atau setaradengan 11 kematian/jam.

Berdasarkan WHO Global TB Report 2020, faktor kurang gizi merupakan faktor risiko tertinggi penyumbang penyakit TBC. Berdasarkan hal tersebut, TBC dan Stunting merupakan hal yang tidak terpisahkan dan sangat penting untuk dilakukan harmonisasi kepentingan pemangku kebijakan lintas sektor dalam rangka mensinergikan upaya-upaya yang mendukung proses eliminasiTBC tahun 2030 dan Penurunan Prevalansi Stunting menjadi 14% pada tahun 2024.

Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Jawa Tengah meminta masyarakat tidak lengah terhadap kasus tuberkolosis, di tengah pandemi Covid-19. Hingga triwulan kedua (Januari-Juni) 2020, pengidap baru penyakit ini menyentuh 23.919 orang.

Setiap tanggal 24 Maret diperingati sebagai Hari Tuberkulosis Sedunia (HTBS) secara global. HTBS dijadikan kesempatan untuk mendorong penetapan TBC sebagai isu prioritas pembangunan kesehatan nasional serta harmonisasi kepentingan pemangku kebijakan lintas sektor dalam rangka mensinergikan upaya-upaya yang mendukung proses eliminasi TBC tahun 2030.

PT Dafam Property Indonesia Tbk menyalurkan CSR berupa paket nutrisi untuk para pasien TBC di Kota Semarang. Distribusi dilakukan pada minggu ke dua bulan April 2021. Sasaran kami adalah pasien di Puskesmas dan Rumah Sakit, diantaranya Puskesmas Kagok, Puskesmas Kedungmundu, Puskesmas Bandarharjo, Puskesmas Simongan, Puskesmas Pandanaran, Puskesmas Poncol, Rumah Sakit Karyadi dan Rumah Sakit Roemani Semarang.

Penyakit TBC adalah penyakit yang bisa diobati hingga penderitanya sembuh total asalkan tertib mengkonsumsi obat selama 6 bulan. Konsumsi obat bukan sebatas untuk mengobati namun juga untuk menghindari penularan TBC ke orang lain. Bagi orang tua yang terkena TBC, sebisa mungkin untuk mengurangi intensitas bermain bersama anak usia dini. Usia dini dengan ketahanan tubuh masih lemah membuat anak lebih rentan tertular.

Kami bekerja sama dengan tenaga kesehatan setempat dan kader penyuluh TBC Kota Semarang. Menurut dokter dan kader bahwa kendala yang dialami saat penanganan pasien TBC adalah pasien tidak disiplin dalam berobat, sehingga seringkali mengulang pengobatan dari awal. Halter sebut memperlambat proses penyembuhan TBC. Harapan kami, dengan bantuan dari PT Dafam Property Indonesia Tbk bisa memberikan tambahan semangat untuk pasien tersebut berobat secara rutin, dan memotivasi untuk segera sembuh.

Chat Sekarang