Sifat-sifat Psikologis Warna Cat Rumah

Memiliki rumah dengan perpaduan warna cat yang indah tentunya dan pas tentunya impian bagi semua orang. Sentuhan warna cat yang seimbang dan sesuai dengan bentuk rumah tentunya akan menjadikan rumah kita tampak lebih indah. Sebaliknya, warna cat rumah yang kurang tepat justru akan menjadikan rumah terlihat kurang indah. Pemilihan warna cat rumah yang tepat dan sesuai tentunya dapat memberikan aura positif bagi penghuninya. Tahukah anda? Sebenarnya masing – masing warna yang kita aplikasikan ke dalam rumah memiliki efek psikologis tersendiri. Efek psikologis yang dimunculkan oleh warna pada cat rumah ini tentunya akan mempengaruhi tingkat kenyamanan anda di dalam rumah.

Berikut adalah sifat-sifat psikologis beberapa warna, yang mungkin dapat menjadi referensi bagi anda dalam memilih warna cat pada rumah.

  • Merah - Berani, penuh semangat, agresif, memicu emosi, dan menarik perhatian. Secara positif, warna merah mengandung arti cinta, gairah, berani, kuat, agresif, merdeka, kebebasan, dan hangat.
  • Kuning - Menciptakan perasaan optimis, percaya diri, pengakuan diri, akrab, dan lebih kreatif. Kuning juga dapat merugikan kita karena menyampaikan pesan perasaan ketakutan, kerapuhan secara emosi, depresi, kegelisahan, dan keputusasaan. Pilihan warna kuning yang tepat dan penggunaan yang sesuai akan mengangkat semangat kita dan lebih percaya diri.
  • Hijau - berarti kesehatan, keseimbangan, rileks, dan kemudaan. Unsur negatif warna ini di antaranya memberi kesan pencemburu, licik, terasa jenuh, serta dapat melemahkan pikiran dan fisik. Di dalam sejarah China, warna hijau adalah warna perempuan.
  • Biru - Melambangkan intelektualitas, kepercayaan, ketenangan, keadilan, pengabdian, seorang pemikir, konsistensi, dan dingin. Selain itu, dapat memicu rasa depresi dan ragu-ragu. Biru gelap akan membantu berpikir tajam, tampil jernih, dan ringan. Biru muda akan menenangkan dan menolong berkonsentrasi dengan tenang. Terlampau banyak biru akan menimbulkan rasa terlalu dingin, tidak akrab, dan tak punya emosi atau ambisi.
  • Ungu - Memberi efek spiritual, kemewahan, keaslian, dan kebenaran. Ungu mampu menunjang kegiatan bermeditasi dan berkontemplasi. Kemerosotan dan mutu yang jelek adalah sifat-sifat negatif warna ini.
  • Putih - Warna murni, suci, steril, bersih, sempurna, jujur, sederhana, baik, dan netral. Warna putih melambangkan malaikat dan tim medis. Warna ini juga bisa berarti kematian karena berkonotasi kehampaan, hantu, dan kain kafan.
  • Abu-abu - Bijaksana, dewasa, tidak egois, tenang, dan seimbang. Warna abu-abu juga mengandung arti lamban, kuno, lemah, kehabisan energi, dan kotor. Karena warnanya tergolong netral atau seimbang, warna ini banyak dipakai untuk warna alat-alat elektronik, kendaraan, perangkat dapur, dan rumah.

Source: http://blog.propertykita.com/others/tips/tips-memilih-warna-cat-tembok-rumah/

Chat Sekarang