Tips Deteksi Kerusakan Di Rumah

Sebelum sang hujan datang, yuk, deteksi kerusakan di rumah Anda! Caranya mudah kok!
Hampir semua rumah mengalami kerusakan. Kerusakan tersebut bisa berupa retak dinding, kebocoran pada atap, dan kebocoran pada lantai. Terkadang kelihatannya sepele, namun bisa membawa masalah yang cukup pelik. Terlebih lagi, musim hujan akan segera datang. Pasti Anda tidak mau jika rumah untuk berlindung dari panasnya matahari dan hujan menjadi tempat yang tidak nyaman lagi. Selain itu, kerusakan tersebut pun dapat mendatangkan hama.

tips-deteksi-kerusakan-di-rumah

Sebelum semuanya semakin parah, ada baiknya kita melakukan pendeteksian kerusakan di rumah . Dalam jangka waktu tertentu, rumah memerlukan perbaikan. Selain keamanan dan kenyamanan untuk penghuni rumah, Anda juga bisa mencegah hama yang masuk dan bersarang di tempat yang sudah lapuk.

Berikut ini beberapa hal dapat Anda lakukan untuk mendeteksi kerusakan di rumah :

Perhatikan warna dinding. Bila mulai terlihat kusam dan berjamur, coba Anda bersihkan dengan air sabun dan sikat. Bila tidak hilang, segera cat ulang. Namun sebelumnya, lapisan dinding yang berjamur dikeruk terlebih dahulu. Dinding seperti itu akan menjadi tempat tumbuh kuman penyakit dan kutu.

Perhatikan keretakan dinding. Jika sudah retak, segera lakukan acian ulang.

Struktur atap. Deteksi kerusakan di rumah bisa dilakukan dengan melihat struktur atap rumah. Bila menggunakan struktur atap kayu, kayu yang lembap harus diberikan pelapis antirayap. Jika lapuk, segera ganti dengan yang baru.

Kebocoran. Anda bisa mendeteksi adanya kebocoran di rumah bila dinding menjadi lembap saat hujan. Sebelum tambah parah, periksalah atap. Berikan lapisan waterproof pada bagian yang bocor.

Periksa juga sambungan pipa. Kebocoran bisa menyebabkan air merembes ke rumah dan membawa berbagai kuman. Jika sudah terjadi kebocoran, hendaklah panggil tukang untuk memperbaikinya agar tidak tambah parah.

Bila menemukan lubang-lubang tak wajar pada bagian rumah manapun, segera tutup. Lubang akan menjadi akses bagi hama seperti tikus dan kecoa untuk masuk ke dalam rumah.

Sumber: iDEA Books

Chat Sekarang